Akhirnya setelah lama vacum dan tidak pernah melakukan perawatan di site belajar seo untuk pemula ini akhirnya disela-sela waktu yang ga ada senggangnya saya mencoba untuk menuliskan beberapa artikel yang berhubungan dengan promosi online di internet atau umumnya disebut dengan seo (optimasi website). Belajar seo, sangat umum dan saya sering sekali mendengar kata itu, tapi apa sih sebenarnya yang haru dipelajari agar bisa cepat menguasai tekhnik-tekhnik seo yang jitu dan mujarab. Saya akan mencoba membahas apa saja yang harus dikuasai bagi pemula, minimal bisa menerapkan seo yang baik untuk web baru yang sudah dibuat, jadi siapkan dahulu bahan-bahannya seperti: koneksi internet dan website yang belum dioptimasi.

  1. Basic format
    Langsung saja, format dasar seo sebenarnya terletak di: Title/Judul halaman, Meta, yang dibagi menjadi dua yakni meta keyword dan meta description. Sedangkan di Body yang perlu diperhatikan adalah penulisah heading (<H1>, <H2>, <H3>) dan seterusnya, karena penulisan heading sangat berpengaruh dalam proses seo. Sebaiknya gunakan heading dengan ‘bijak’, yakni <H1> sebaiknya untuk judul utama, <H2> untuk sub menu dan seterusnya. Pengaruhnya lumayan dasyat dan hasilnya pun optimal. Hanya dengan menerapkan basic format ini, saya kira semua syarat dari search engine sudah terpenuhi. Memang sih akan ada banyak lagi yang harus dikerjakan, tapi yang penting kan basicnya harus benar dulu.
  2. Pemilihan Keyword
    Tahap ini sebenarnya tahap yang paling sulit, karena ditahap ini anda akan mendapatkan tantangan besar untuk menentukan keyword apa yang cocok untuk web anda. Tapi gak perlu takut untuk mencoba, karena master seo pun masih mencoba-coba dalam menentukan keyword apa yang cocok, namun tidak asal coba. Semua itu harus ditentukan dengan tools yang khusus dipakai untuk menentukan keyword. Pakai saja yang gratis, yakni tools yang dipakai untuk google adword, karena tools itu bisa memberikan hasil yang optimal. Tips untuk memilih keyword yakni jangan menggunakan keyword yang lagi populer dan banyak diperebutkan, sebaiknya hindari itu dari pada anda akan cepat putus aza.
  3. Backlink & Blog walking
    Ini yang penting. Saya gak perlu menjelaskan ini lebih rinci karena pasti anda sudah tahu tentang ini. Intinya bagaimana web anda bisa dilink oleh web lain yang topiknya sejenis kalau bisa, tapi kalau enggak juga gak apa-apa. Dari pengalaman yang saya liat selama ini link yang tidak setopik memang kurang greget, tapi cukuplah untuk nambah-nambah poin untuk ningkatin pagerank. Demikian juga dengan blog walking, yakni dengan memberikan komentar yang tentunya baik dan relefan dengan topik di sejumlah blog dengan harapan mendapatkan tautan balik ke web kita.

Sebenarnya dengan melakukan basic way diatas, anda sudah bisa memulai mencoba untuk mengoptimasi web yang anda miliki. Untuk bahasan yang lebih detail akan saya tulis selanjutnya. Silahkan berkomentar kalau mau :D .

53 people like this post.